BERIKUT INI SEJARAH FRANCHISE DI INDONESIA

 

  IndoBoMonitor - Sebagai seorang pengusaha pasti kita mengetahui salah satu konsep binsis yang ada saat ini yaitu franchise.  Franchise berasal dari kata “franchir” yang artinya dibebaskan membayar upeti atau pajak pada pihak yang berkuasa seperti raja-raja pada abad pertengahan. 
 
Franchise sendiri mulai digunakan pertama kali di Amerika Serikat. Perusahan yang menganut sistem franchise adalah perusahaan mesin jahit Singer pada tahun 1951 di Amerika.  Perusahaan tersebut mengenalkan pola pemasaran menggunakan pola franchise.
 
Selain menjual produk perusahaan, Singer juga mendirikan dealer-dealer. Konsep dari dealer perusahaan Singer adalah mengadakan layanan purnajual serta menyediakan komponen suku cadang mesin Jahit.  Lalu perusahaan Singer juga mulai memberi peragenan atau perwakilan terbatas untuk mesin jahitnya. 
 
Seiring berjalannya waktu, istilah franchise sebenarnya sudah sering dipakai untuk perdagangan di Eropa terutama untuk urusan lisensi.  

 
Franchise di Indonesia 
 
Franchise di Indonesia diawali pada tahun 1970. Pada tahun 1970 Shakey Pisa, KFC, dan Swansen memperkenalkan sistem franchise pertama kali di Indonesia. Setelah itu beberapa tahun kemudian masuk dua franchise lagi yaitu Burger king dan Seven Eleven, tapi kedua franchise tersebut tidak bertahan lama. 
 
Pada awal tahun 1990 kita kedatangan salah satu franchise terbesar di dunia yaitu Mc Donald. Konsep Mc Donald yang lebih modern menjadikannya sebagai pesaing KFC yang saat itu sangat popular. Mulai pada pertengahan tahun mulai ramailah franchise kita seperti CFC. Es Teler 77,  dan Ayam Bakar Wong Solo.  
 
Indomaret yang didirikan pada tahun 1988 pun di tahun 1997 mulai di franchisekan begitu pula dengan Alfamart yang mulai beroperasi di awal 90-an. Sebetulnya franchise mulai mendapatkan ruang geraknya, yaitu pada tahun 1991 ILO (International Labour Organization) menyarankan kepada pemerintahan Indonesia khususnya kementrian perdagangan  untuk mulai aktif mensosialisasikan franchise.
 
Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia. ILO saat itu membantu membiayai Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen untuk mengembangkan sistem franchise di Indonesia.
 
ILO berkolaborasi dengan merekrut ahli franchise, mengadakan survey untuk membuat rekomendasi agar dibentuknya  “Franchise Resource Centre” , sebagai wadahnya pemberdayaan bisnis  franchise di Indonesia. FRC juga berperan mensosialisasikan pola franchise di Indonesia dan juga mendorong tumbuhnya waralaba di Indonesia. 

 
Sumber Referensi : Franchise Bible 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERIKUT INI SEJARAH FRANCHISE DI INDONESIA"

Post a Comment


http://sergey-mavrodi.com/registration2012/?i=free4bisnis


http://indomavroclub.blogspot.com/