BITCOIN: MATA UANG BARU DUNIA?



Apa itu Bitcoin? Sederhananya dapat dikatakan bahwa bitcoin adalah mata uang maya yang bisa dipergunakan oleh pemiliknya untuk melakukan aneka transaksi sebagaimana uang fisik. Bitcoin.org menyebutnya: Bitcoin is an innovative payment network and a new kind of money. Lalu apa kelebihannya? Bitcoin menjadi alat pembayaran digital yang membuat proses transaksi menjadi lebih nyaman dan lebih murah karena tak tergantung lagi pada nilai tukar, tanpa biaya transaksi bank. Penggunaan bitcoin dilakukan masyarakat tanpa melibatkan perantaraan bank atau uang tunai.


Semua ini terjadi karena pengguna bitcoin tidak perlu menyertakan identitas. Yang diperlukan hanyalah “dompet digital.” Dengan demikian kerahasiaan pengguna bitcoin sangatlah terjaga, dan privasi diyakini jauh lebih baik dibanding penggunaan kartu kredit. Untuk membuat dompet digital bitcoin, Anda dapat menggunakan beberapa penyedia antara lain mtgox.com atau multibit.org. Bitcoin.co.id adalah salah satu website lokal Indonesia yang menawarkan jasa jual beli bitcoin.


Lalu bagaimana cara memperoleh bitcoin? Menurut bitcoin.org, siapapun bisa menghasilkan sendiri bitcoin dengan cara yang diistilahkan mining atau menambang. Akan tetapi, untuk menghasilkan bitcoin diperlukan waktu yang cukup lama dan tidak mudah.
Bitcoin sendiri “diterbitkan” terbatas hanya 21 juta unit di seluruh dunia. Dengan demikian bitcoin tidak akan tergerus oleh inflasi yang justru merupakan momok bagi uang fisik yang kita gunakan saat ini. Karena tidak diperdagangkan atau ditransaksikan melalui bank dan tidak diterbitkan oleh bank sentral suatu negara, maka dapat dikatakan bahwa negara sama sekali tidak berperan dalam peredaran bitcoin di negara manapun.


“Bitcoin benar-benar mampu membuat pemerintah atau negara tak memiliki otoritas terhadap mata uang,” ujar Miles Kimball, seorang ekonom dari University of Michigan. Kehadiran bitcoin karenanya berpotensi menjadi alat pembayaran universal yang sesungguhnya.


Karena bersifat sebagai alat pembayaran, bitcoin juga mengalami naik turun nilai. Itulah sebabnya, bitcoin.org memperingatkan agar orang berhati-hati dalam mengoleksi bitcoin sebagai investasi. Nilai bitcoin masih sangat labil, berfluktuasi sehingga sangat beresiko bila menyimpan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin.


Sumber: http://howmoneyindonesia.com/2013/12/12/bitcoin-mata-uang-baru-dunia/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BITCOIN: MATA UANG BARU DUNIA?"

Post a Comment


http://sergey-mavrodi.com/registration2012/?i=free4bisnis


http://indomavroclub.blogspot.com/